Publik blog of mas alamsyah @maulana /Di web ini anda dapat mempelajari macam macam tentang komputer dan jaringan lengkap

Saturday, August 10, 2019

Media pada jaringan dan cara merakitnya <><>LENGKAP<><>

1.    Media pada jaringan (wired and wireless)


Hasil gambar untuk wired and wireless



A.    Wired

Pengertian wired dalam bahasa yang simpel ialah pendistribusian informasi melalui kawat. Wired menggunakan kabel sebagai media penghubung.Singkatnya perangkat tersebut dapat dilihat dan diraba, makanya dari itu disebut juga telekomunikasi fisik.

Yang dibutuhkan untuk merakit jaringan wired :
-        Kabel UTP
-        Konektor RJ45
-        Tang network
-        Switch
-        Modem

-          Kelebihan dari wired: Relatif murah, setting lebih mudah, tingkat keamanan relatif tinggi (karena terhubung langsung serta terpantau hubungannya).
-          Kekurangan dari wired: Instalasi yang kurang terencana bisa terlihat jorok/acak-acakan dikarenakan kabel yang tidak tertata. Kurang fleksibel jika ada ekspansi.
  B. Wireless
Pengertian wireless adalah kebalikan dari wired, tidak bisa dilihat, yaitu melalui gelombang. Jaringan nirkabel ini merupakan salah satu media transmisi yang menggunakan gelombang radio sebagai media transmisinya. Data-data digital yang dikirim melalui wireless akan dimodulasikan ke dalam gelombang elektromagnetik.
Media wireless yang umum digunakan adalah dengan menggunakan gelombang radio yang di set untuk bekerja di bidang frekwensi tertentu sesuai dengan standar. Berikut spektrum frekuensinya.
Yang dibutuhkan untuk merakit jaringan wireless:
-          -Wireless Network Adapter
-Macam Wireless Network Adapter:
-USB Wireless Network Adapter
-PCMCIA Wireless Network Adapter
-PCI Wireless Network Adapter
-Modem(jika mau konek dengan internet)
Kelebihan dari wireless: Instalasi bisa lebih rapi, untuk ekspansi relatif lebih mudah/tidak terlalu repot.
Kekurangan dari wireless: Mahal, memerlukan keahlian ekstra untuk manajemennya masih bisa dibajak/disusupi. Perlu enksripsi yang kuat
  


Bagaimana apakah ilmu anda bertambah / artikel ini membantu, saya senang jika anda mengomentari,meyukai/pun menshare artikel ini <><>terima kasih telah berkunjung<><>

No comments:

Post a Comment