Publik blog of mas alamsyah @maulana /Di web ini anda dapat mempelajari macam macam tentang komputer dan jaringan lengkap

Saturday, September 7, 2019

Linux (sejarah,distribusi, dan lisensi)


Linux
Hasil gambar untuk linux
  1. Sejarah Linux

1.1     Tahun 1969

Semua system modern berakar pada tahun 1969 ketika Dennis Ritchie dan Ken Tompson mengembangkan Bahasa C dan system operasi UNIX di AT&T Bell Labs. Mereka membagikan kode sumber mereka di seluruh dunia termasuk hippies di California. Pada tahun 1975, ketika AT&T memulai menjual Unix secara komersial, sekitar setengah dari kode sumber yang ditulis oleh oranng lain. Para Hippies tidak senang bahwa perusahaan komersial menjual perangkat lunak yang mereka tulis dan akhirnya perselisihan yang legal dan berakhir dengan dua versi Unix, AT&T resmi Unix dan BSD Unix gratis. Pengemban keturunan BSD seperti FreeBSD, OpenBSD, NetBSD, DragonflyBSD dan PC-BSD. Dan masih aktif hingga saat ini.

1.2     Tahun 1980s

 Di Eighties banyak perusahaan mulai mengembangkan Unix   mereka sendiri, berikut contoh beberapa perusahaan yang mengembangkan UNIX :
·       IBM menciptakan AIX
·       SUN menciptakan SUNOS kemudian Solaris
·       HP menciptakan HP-UX
Itu hasilnya adalah kekacauan dialek Unix dan selusin cara berbeda untuk melakukan hal yang sama. Dan disini adalah akar nyata pertama bagi linux, ketika Richard Stallman bertujuan mengakhiri era Unix ini pemisahan dan semua orang menciptakan kembali roda dengan memulai proyek GNU (GNU bukan Unix) . Tujuannya adalah membuat system operasi yang tersedia secara bebas dimana setiap orang dapat bekerja bersama (seperti ditahun 70-an). Banyak alat baris perintah yang anda gunakan hari ini di Linux adalah alat GNU.

1.3     Tahun 1990s

Tahun Sembilan puluhan dimulai dengan Linus Torvard, seorang mahasiswa Finlandia berbahasa Swedia, membeli 386 komputer dan menulis kernel baru yang sesuai dengan POSIX. Dia memasukkan kode sumber online, mendukung itu tidak pernah mendukung apapun kecuali 386 perangkat keras. Banyak orang memperlukan kombinasi kernel ini dengan alat GNU, dan sisanya seperti yang mereka katakan adalah sejarah.

1.4     Tahun 2015

Saat ini lebih dari 97 persen supercomputer dunia (termasuk 10 teratas), lebih dari 80 persen dari semua ponsel cerdas, jutaan computer desktop, sekitar 70 persen dari semua server web, sebagian besar computer tablet, dan beberapa peralatan (pemutar DVD, mesin dsl, router, mobil self-driving, laptop stasiun ruang angkasa …) menjalankan linux. Linux sejauh ini merupakan system operasi yang paling umum digunakan didunia. Kernel linux 4.0 dirilis pada April 2015. Kode sumbernya bertambah beberapa ratus  ribu baris (dibandingkan dengan versi 3.19 dari Februari 2015) berkat kontribusi dari ribuan pengembang dibayar oleh ratusan perusahaan komersial termasuk Red Hat, Intel, Samsung, Broadcom, Texas Instruments, IBM, Novell, Qualcom, Nokia, Oracle, Google, AMD dan bahkan Microsoft dan banyak lagi.

  2. Distribusi Linux

Distribusi Linux adalah kumpulan perangkat lunak (biasanya open source) diatas Linux inti. Distribusi dapat menggabungkan perangkat lunak server, manajemen system alat, dokumentasi, dan banyak aplikasi desktop dalam perangkat lunak aman terpusat gudang. Sebuah distro bertujuan untuk memberikan tampilan dan rasa yang umum, parangkat lunak yang aman dan mudah manajemen dan seringkali tujuan operasional tertentu. Mari kita lihat beberapa distribusi popular.

2.1   Red Hat

Hasil gambar untuk redhat

Red Hat adalah perusahaan Linux komersial bernilai miliaran dolar yang berupaya keras untuk berkembang Linux. Mereka memiliki spesialis Linux dan dikenal dengan dukungan mereka sangat baik. Mereka memberikan produk mereka (Red Hat Enterprise Linux dan Fedora)  secara gratis. Sementara Red Hat Enterprise Linux (RHEL) telah diuji dengan baik sebelum rilis dan didukung hingga tujuh tahun setelah rilis, Fedora adalah distro dengan pembaruan yang lebih cepat tetapi tanpa dukungan.

2.2   Ubuntu

              Hasil gambar untuk ubuntu

Canonical mulai mengirimkan compact disc gratis dengan Ubuntu Linux pada tahun 2004 dan dengan cepat menjadi popular untuk pengguna rumahan (banyak bealih dariMicrosoft Windows). Resmi ingin Ubuntu menjadi desktop linux grafis yang mudah digunakan tanpa harus mengikuti garis komando. Tentu saja mereka juga ingin mendapat untung dengan menjual dukungan untuk Ubuntu

2.3   Debian

             Hasil gambar untuk debian

      Tidak ada  perusahaan dibelakang Debian. Sebaliknya ada ribuan    yang terorganisir dengan baik pengembang yang memilih pemimpin Proyek Debian setiap dua tahun. Debian dianggap sebagai salah satu distribusi Linux yang paling stabil. Ini juga merupakan dasar dari setiap rilis Ubuntu. Debian rilis dalam tiga versi stabil, pengujian, dan tidak stabil. Setiap rilis Debian dunamai karakter dalam film toy story.

        2.4 lain-lain

       Distribusi seperti Oracle Enterprise Linux, CentOS, dan Scientific Linux didasarkan pada Red Hat Enterprise Linux dan berbagi banyak prinsip, directory dan teknik administrasi system. Linux Mint, Edubuntu dan banyak lagi. Dan ada banyak distribusi Linux lainnya
  3. Lisensi

3.1   tentang lisensi perangkat lunak (software)

          Tentang lisensi perangkat lunak ada dua paradigma yang dominan ,              perangkat lunak bebas dan sumber terbuka (FOSS) dan perangkat                  lunak berpemilikan. Kriteria untuk diferensasi antara kedua                            pendekatan ini adalah berdasarkan control atas perangkat lunak.                    Dengan perangkat lunak berpemilik , control cenderung lebih banyak            berbohong dengan vendor, sementara dengan perangkat lunak bebas              dan sumber terbuka cenderung lebih berbobot terhadap pengguna                  akhir. Tetapi meskipun paradigma berbeda mereka menggunakan hak            cipta yang sama hukum untuk mencapai dan menegakkan tujuan                    mereka. Dari perspektif hukum, perangkat lunak gratis dan terbuka                dapat dianggap sebagai perangkat lunak yang pengguna umumnya                menerima lebih banyak hak melalui perjanjian lisensi mereka                        daripada yang mereka miliki  dengan lisensi perangkat lunak                          berpemilik namun, mekanisme yang mendasarinya sama. Teori                      hukum menyatakan bahwa penulis FOSS, bertentangan dengan                      penulis domain public  perangkat lunak, sama sekali tidak haknya                  pada pekerjaannya. FOSS mendukung pada hak penulis (hak cipta)                untuk memaksakan ketentuan lisensi FOSS.  Ketentuan lisensi FOSS           harus  dihormati oleh pengguna dengan cara yang sama seperti                      ketentuan lisensi milik. Selalu periksa lisensi anda dengan cermat                  sebelum anda menggunakan perangkat lunak pihak ketiga. Contoh                perangkat lunak berpemilik adalah AIX dari IBM., HP-UX dari HP              dan Oracle database 11g. Anda tidak berwenang  menggunakan                    perangkat lunak ini tanpa membayar biaya lisensi. Anda tidak                        berwenang mendistribusikan dan memodifikasi Salinan  code sumber            tertutup.

3.2   Domain public perangkat lunak dan freeware

Perangkat lunak yang asli dalam arti bahwa itu adalah ciptaan intelektual dari manfaat penulis perlindungan hak cipta. Perangkat lunak tidak asli tidak mempertimbangkan hak cipta perlindungan dan pada prinsipnya digunakan secara bebas. Perangkat lunak dimana penulis menyerahkan semua hak dan yang tidak dapat ditegakkan oleh siapapun atas hak apapun. Perangkat lunak ini dapat digunakan, direproduksi / dieksekusi secara bebas tanpa izin/ pembayaran biaya. Publik domain perangkat lunak  terdapat kasus-kasus tertentu bahkan disajikan oleh pihak ketiga sebagai karya sendiri dan dengan memodifikasi asli. Pihak ketiga dapat mengambil versi tertentu public domain perangkat lunak dari public domain lagi. Freeware bukan public domain perangkat lunak/ FOSS. Ini adalah perangkat lunak berpemilikan yang dapat anda gunakan tanpa membaya biaya lisensi. Namun , persyaratan lisensi yang ketat pelu dihormati. Contoh freeware adalah Adobe reader, Skype dan Command and Conquer: Tibean sun (game ini dijual sebagai hak milik pada tahun 1999 dan sejak 2011 tersedia sebagai Freeware).

3.3   Perangkat lunak gratis atau perangkat lunak sumber terbuka

          Kedua Perangkat lunak bebas dan perangkat lunak bebas sumber                  terbuka mengejar tujuan dan dukungan yang serupa. Namun secara                historis ada beberapa persepsi tentang diferensiasi karena perbedaan              penekanan. Dimana gerakan perangkat lunak bebas  berfokus pada                hak (The Lisence) yang disediakan perangkat lunak bebas untuk                    penggunanya, perangkat lunak gerakannya menunjuk ke open source            definition dan keuntungan dari perangkat lunak peer-to-peer. Baru-                baru ini, istilah perangkat lunak bebas dan sumber terbuka/FOSS                  telah muncul sebagi alternative netral. Varian yang lebih jarang                      digunakan adalah perangkat lunak bebas/ libre/ open souce(FOSS)                yang menggunakan libre untuk memperjelas arti bebas seperti dalam            kebebasan daripada sebagai tanpa biaya. Contoh perangkat lunak                  gratis adalah gcc, MySQL dan gimp

3.4     GNU Lisensi Publik Umum

Semakin banyak perangkat lunak yang yang dirilis dibawah GNU (pada tahun 2006 Java dirilis dibawah GPL). Lisensi ini (v2 dan v3) adalah lisensi utama yang disahkan oleh perangkat lunak bebas dasar. Karakteristik utamanya adalah prinsip copyleft.

3.5   menggunakan perangkat lunak GPLv3

Anda dapat menggunakan  perangkat lunak GPLv3 hampir tanpa persyaratan apapun. Jika anda hanya menjalankan perangkat lunak anda bahkan tidak harus menerima ketentuan GPLv3 namun, penggunaan lainnya seperti, memodifikasi atau pendistribusian perangkat lunak menyiratkan penerimaan. Jika anda menggunakan perangkat lunak secara internal (termasuk melalui jaringan) , Anda dapat memodifikasi perangkat lunak tanpa berkewajiban untuk mendistribusikan modifikasi anda. Anda dapat menyewa pihak ketiga untuk bekerja pada perangkat lunak khusus untuk anda dan dibawah arahan dan kendali anda. Tetapi jika anda memodifikasi dan menggunakan selain hanya secara internal, ini akan dianggap sebagai distribusi. Anda harus mendistribusikan modifikasi anda dibawah GPLv3 (prinsip copyleft). Beberapa kewajiban lagi berlaku jika anda mendistribusikan perangkat lunak GPLv3. Periksa lisensi GPLv3 hati-hati. Anda membuat output dengan perangkat lunak GPLv3. GPLv3 tidak secara otomatis berlaku untuk keluaran.

3.6   lisensi BSD

Ada beberapa versi lisensi distribusi Berkeley asli. Yang paling umum satu adalah lisensi 3 klausa (“Lisensi BSD baru” atau “lisensi BSD yang dimodifikasi”). Ini adalah lisensi perangkat lunak bebas permisif. Lisensi menempatkan batasan minimal tentang caranya perangkat lunak dapat didistribusikan kembali. Ini berbeda dengan lisensi GPLv3  yang dibahas diatas, yang memiliki mekanisme copyleft. Perbedaan ini kurang penting ketika anda hanya menggunakan perangkat lunak, tetapi mulai kapan anda mulai mendistribusikan ulang Salinan kata dari perangkat lunak atau versi modifikasi anda sendiri.

     3.7 Lisensi lain

FOSS atau tidak, jika banyak jenis lisensi perangkat lunak. Anda harus membaca dan mengerti sebelum menggunakan software apapun.

3.8   kombinasi lisensi perangkat lunak

Ketika anda menggunakan beberapa sumber atau keinginan untuk mendistribusikan kembali perangkat lunak anda dibawah yang berbeda lisensi , Anda harus memverifikasi apakah semua lisensi kompatibel. Beberapa lisensi misalnya FOSS sebagai BSD kompatibel dengan lisensi milik, tetapi kebanyakan tidak. Jika anda mendeteksi lisensi ketidakcocokan. Anda harus menghubungi penulis untuk menegosiasikan lisensi yang berbeda atau jangan menggunakan perangkat lunak yang tidak kompatibel.

No comments:

Post a Comment